Home > HEADLINE > Minat Warga Mendaftar KPPS Pilkada 2020 Menurun

Minat Warga Mendaftar KPPS Pilkada 2020 Menurun

SEMARANG[Kampusnesia] – Minat masyarakat untuk mendaftar sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pilkada serentak 2020 di 21 kabupaten/kota di Jateng menurun, akibat kekhawatirkan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Litbang KPU Jateng, M Taufik mengatakan minat masyarakat untuk mendaftar sebagai KPPS pada Pilkada 2020 menurun, akibat pandemi Covid-19. Bakan sebagian warga tidak jadi mendaftar sebagai KPPS karena diharuskan menjalani rapid test.

“Awalnya banyak yang mengambil formulir, namun belakangan ini minat warga menurun karena banyaknya yang tidak mengembalikan formulir, karena takut di rapid test,” ujarnya Jumat (16/10).

Sampai saat ini, lanjutnya, sejumlah petugas KPU di 21 kabupaten/kota di Jateng yang akan menggelar Pilkada sudah mengajukan perpanjangan pendaftaran KPPS untuk mengisi kekurangan personel di tiap kecamatan dan kelurahan.

“Sebanyak 15 kabupaten/kota yang telah menyerahkan hasil pendaftaran KPPS dan sisanya belum melaporkan sama sekali. Sementara jumlahnya data kekurangannya masih direkap, data masih bergerak terus berjalan,” tuturnya.

Menurutnya, KPU Jateng sebelumnya sempat memperpanjang pendaftaran rekrutmen KPPS dari sejak 7 hingga 11 Oktober 2020, dan akhirnya diperpanjang 14-18 Oktober 2020, karena belum terpenuhinya peserta.

Sedangkan peraturan pembentukan KPPS selama ini mengacu pada Pasal 12 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2015 dan PKPU Nomor 13 Tahun 2017 terkait tugas, wewenang dan pembentukan KPPS.

“Untuk pendaftaran KPPS telah diwajibkan untuk memakai standar protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19. Sedangkan teknis pelaksanaannya tetap harus rapid test jika nanti sudah dilantik sebagai KPPS,” ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 4 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *