Home > HEADLINE > Lapas Semarang Gelar Layanan Posyandu Bagi Napi Lansia

Lapas Semarang Gelar Layanan Posyandu Bagi Napi Lansia

SEMARANG[Kampusnesia] – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar kegiatan posyandu lansia yang dilaksanakan oleh Tim Klinik Pratama Lapas Semarang di Aula “Joglo Ageng” Lapas, Jumat (23/10).

Pos pelayanan terpadu (posyandu) lanjut usia (lansia) merupakan salah satu program layanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang yang dikhususkan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berusia lanjut.

Kalapas Semarang Dadi Mulyadi mengatakan posyandu lansia ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan  lansia baik fisik maupun psikologis karena Warga Binaan yang berusia lanjut lebih rentan terhadap penyakit.

“Posyandu lansia bisa menyediakan layanan kesehatan dasar, terutama yang bersifat preventif dan promotif untuk warga binaan berusia lanjut,” ujarnya.

“Kualitas hidup mereka diharapkan bisa meningkat dan risiko terjadinya keparahan penyakit juga akan berkurang, sehingga bisa hidup lebih tenang dan bahagia,” tuturnya.

Kegiatan itu dimulai dengan senam dan olahraga ringan sesuai dengan kebutuhan mereka yang diikuti oleh 30 WBP lansia.

Senam dilaksanakan sekitar 30 menit, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh Tim dokter Klinik Pratama Lapas Semarang yang diketuai oleh dr Adhi Yustiawan.

Posyandu lansia ini memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan, mulai dari keluhan yang dihadapi saat ini, tekanan darah, pemeriksaan gula darah sewaktu, kolesterol dan asam urat.

“Mari kita semua selalu menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat dengan selalu memperhatikan kebersihan diri maupun lingkungan,” ujar dr Maya salah satu tim Klinik Pratama Lapas Semarang.

Sementara itu, salah satu peserta posyandu lansia menuturkan sangat senang dan apresiasi kepada Lapas karena adanya program khusus lansia ini.

“Kehidupan kami sangat diperhatikan, saya bangga dengan lapas yang selalu mengedepankan layanan yang maksimal terutama bagi kami yang sudah berumur sangat butuh perhatian khusus,” tutur Joko (61 tahun) pidana kasus pembunuhan hukuman 10 tahun tersebut.

Posyandu lansia ini juga melaksanakan kontrol rutin untuk melihat perkembangan kesehatan agar peningkatan usia harapan hidup Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) usia lanjut semakin meningkat.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pembagian vitamin serta makan bersama seluruh lansia dengan menu empat sehat lima sempurna. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 8 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *