Home > HEADLINE > JMSI Daftarkan Diri Sebagai Konstituen Dewan Pers

JMSI Daftarkan Diri Sebagai Konstituen Dewan Pers

JAKARTA[Kampusnesia] – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon konstituen Dewan Pers. Berkas pendaftaran disampaikan langsung Ketua JMSI Pusat Teguh Santosa,  Senin (26/10).

Ketua JMSI Pusat Teguh Santosa mengatakan setelah dideklarasikan di arena HPN 2020 di Banjarmasin JMSI langsung melakukan konsolidasi dengan membentuk kepengurusan di 29 provinsi dan menggelar kongres pertama Juni lalu.

“Kemudian dilanjutkan dengan rekrutmen anggota dan memenuhi berbagai persyaratan dokumen pendukung sebelum mendaftar  ke Dewan Pers,” ujar Teguh di Gedung Dewan Pers Jl Kebun Sirih Jakarta, Senin ( 26/10 ).

Menurutnya, selain kelengkapan dokumen,  faktor soliditas komitmen, pengalaman dan dedikasi, adalah sejumlah kata kunci yang diandalkan JMSI untuk mencatatkan diri sebagai konstituen Dewan Pers sebagaimana organisasi pers lainnya.

Ketua Dewan Pembina JMSI Gita Wirajawan dengan didampingi anggota Dewan Pembina Irawati Hermawan, Ketua Dewan Pakar JMSI Agung Darmajaya dan Anggota Dewan Pakart JMSI Marah Sakti Siregar serta Syahrial Nasution turut mendampingi Ketua Imum JMSI dalaml prosesi pendaftaran ini.

Selain itu, turut mengantar juga pengurus JMSI daerah, di antaranya pengurus JMSI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Gotontalo. Sementara pengurus JMSI di daerah lainnya ikut berpartisipasi di ruang virtual Zoom dan menyaksikan siaran langsung di Facebook JMSI.

Rombongan JMSI diterima Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Verifikasi Ahmad Djauhar dan Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Verifikasi Dewan Pers Ahmad Djauhar menuturkan keinginan JMSI menjadi konstituen Dewan Pers adalah hal yang baik.

Menurutnya, pada 2020 ini Dewan Pers telah menerima tiga konstituen baru, sehingga saat ini ada sepuluh konstituen Dewan Pers. Namun begitu, Dewan Pers merasa masih perlu menambah konstituen karena tantangan yang dihadapi semakin tinggi.

“Dengan sendirinya, nantinya proyeksi ke depan juga akan menambah Anggota Dewan Pers. Jangan hanya sembilan orang. Lha wong urusannya senegara, masa dipikirkan hanya oleh sembilan orang,” ujarnya. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 1 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *