Home > EKONOMI & BISNIS > DSC Luncurkan Web Series Perjalanan Para Challengers

DSC Luncurkan Web Series Perjalanan Para Challengers

JAKARTA[Kampusnesia] – Sebanyak 150 peserta mulai bersaing dalam Kompetisi dan program wirausaha Diplomat Success Challenge XI (DSC XI) yang kini memasuki tahap National Selection.

Peserta 150 itu terpilih dari 15.589 proposal bisnis yang terjaring di awal kompetisi tengah berkompetisi memperebutkan ‘Success Ticket’ yang akan mengantarkan mereka menjadi finalis DSC XI dan berjuang mendapatkan hibah modal usaha dengan total senilai Rp2 miliar.

Keseruan ini pun sudah ramai disaksikan dalam web series DSC XI yang meluncur pada Rabu (25/11) lalu di kanal YouTube resmi Diplomat Sukses, serta di situs diplomatsukses.com.

Web series DSC XI adalah seri video berkelanjutan yang tayang di platform digital DSC dalam kurun waktu sejak seleksi hingga tahap final DSC XI. Web series ini bermaksud mengungkap sisi lain dari para challengers dan mentor, perjalanan #BikinGebrakan, hingga masa penilaian dari Dewan Komisioner DSC XI di tahap final nanti, serta berbagai inspirasi bisnis lainnya.

Web series DSC XI akan tayang setiap hari Rabu dan Jumat, mulai Rabu, 25 November 2020 pukul 18.00 WIB.

Dalam web series episode pertama National Selection, para Mentor Nasional mulai menyeleksi para challengers dari 3 kota, dengan Surabaya sebagai kota audisi pertama. Para peserta menyampaikan ide bisnisnya dalam format elevator pitch secara singkat dan padat, langsung di hadapan para Mentor Nasional di nataranya Handoko Hendroyono, Co-founder M Bloc Space & Filosofi Kopi, Inez Stefanie, Founder & Managing Director Supernovae, Helga Angelina, Co-founder Burgreens dan Ario Pratomo, entrepeneur, content creator, dan investor.

Tahapan National Selection ini bertujuan mengurasi challengers dari masing-masing kota yang menjadi titik audisinya meliputi dari Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta.

Keempat Mentor Nasional ini menyeleksi para challengers berdasarkan syarat dan standar yang dibangun DSC selama 10 tahun terakhir, seperti ide kelayakan bisnis, permasalahan yang ingin dipecahkan dengan bisnis tersebut, hingga dampak yang diharapkan sesuai dengan visi startup atau ide bisnis yang dimiliki.

Selain itu, kesesuaian bisnis dengan latar belakang mentor juga dapat menjadi dukungan kuat bagi para challengers.

Beragamnya kategori ide bisnis, mulai dari kategori food & beverage, agrobisnis hingga digital startup juga menunjukkan bahwa semangat kewirausahaan, bahkan di tengah masa pandemi, begitu menggeliat.

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pendaftar, termasuk di dalamnya peserta yang berhasil masuk ke babak 150 terbaik ini. “Kami sangat mengapresiasi 15.589 peserta dengan ide proposal yang masuk dalam DSC XI. Bahkan kami juga percaya seluruh proposal yang masuk adalah yang terbaik dari para pegiat wirausaha di Indonesia. Bagi yang belum berkesempatan masuk ke 150 besar ini bukan berarti tidak hebat, dan kami yakin bisa terus meneruskan usahanya untuk meraih kesuksesan. Di sisi lain, 150 challengers yang masuk di National Selection ini adalah yang kami kira sesuai dengan yang dicari dan dibutuhkan,” ujarnya, Kamis (26/11).

Untuk itulah, lanjutnya, DSC XI merilis web series mulai dari tahapan National Selection ini dengan tujuan menyebarkan semangat bagi semua.

“Kita dapat belajar bersama dari ide bisnis yang dimiliki 150 challengers terbaik, serta belajar bagaimana komentar atau saran dari para Mentor Nasional dapat berdampak positif, tidak hanya bagi bisnis para peserta, namun juga bagi audiens di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sebagai Mentor Nasional, Ario Pratomo mengatakan Mentor Nasional berempat mulai dengan suasana yang sangat positif. Beberapa mentor juga ternyata langsung ‘menemukan jodoh’ di awal tahap seleksi. Ini menunjukkan betapa inovatif, kreatif, dan besarnya potensi para challengers yang mengikuti tahap National Selection di Surabaya ini.

Menurutnya, dalam tahap National Selection ini, tidak hanya peserta yang diseleksi oleh mentor, challengers yang berhasil mendapatkan ‘Success Ticket’ pun dapat memilih mentor yang sekiranya dapat membantu pertumbuhan ide bisnis yang mereka rintis.

Mentor Nasional Handoko Herndroyono menuturkan ide bisnis yang belum terpilih bukan berarti tidak akan berkembang. Justru diyakini sekali dengan modal mental dan ide bisnis yang telah dimiliki, para challengers akan bangkit lebih cepat dan lebih kuat.

Seperti diketahui, dari ke-150 peserta dengan proposal terbaik, 53% proposal yang terpilih merupakan bisnis berskala mikro dengan nilai usaha di bawah Rp10 juta hingga nilai usaha Rp50 juta. Disusul dengan bisnis berskala kecil sebanyak 37,3% dengan nilai bisnis antara Rp50 juta hingga lebih dari Rp200 juta.

Hal ini diharapkan dapat semakin memperkuat visi DSC untuk menggerakan ekosistem wirausaha di Indonesia untuk maju dan terus berkembang, terutama untuk menjawab tantangan di masa pandemi Covid-19 yang terasa sulit bagi sebagian besar bisnis.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak turut menyampaikan apresiasinya melalui pesannya lewat video singkat yang dilayangkan kepada DSC XI. Emil Dardak juga memberikan dukungan dan semangatnya bagi para challengers.

“Diplomat Success Challenge telah menjadi sebuah kawah candradimuka untuk melahirkan wirausaha baru yang memiliki semangat dan kreativitas yang menjadi tuntutan untuk bisa sukses di era saat ini,” ujarnya.

Masa pandemi Covid-19, tutur Emil, justru diharapkan dapat menjadi momen yang mengakselerasi bisnis dari para pelaku usaha, baik usaha besar maupun kecil untuk bisa beradaptasi dengan teknologi, dan bertransformasi untuk siap menjadikan krisis sebagai peluang.

“Saya mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mengapresiasi dan dan memberikan dukungan bagi program DSC yang membawa semangat kewirausahaan ini,” tutur Emil.

Emil juga berkomitmen untuk mengundang 20 finalis DSC XI untuk beraudiensi dan menyampaikan ide bisnisnya secara langsung di hadapan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Tahap National Selection Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta, serta perjalanan challengers berjuang #BIKINGEBRAKAN dapat disaksikan mulai 25 November 2020 lewat web series DSC XI di akun YouTube resmi Diplomat Sukses serta di situs dipolimatsukses.com.

Setelah National Selection, 150 challengers diseleksi menjadi 20 finalis yang berhak mengikuti tahap inkubasi, market challenge dan penjurian final pada Januari 2020 mendatang. 20 finalis ini akan berkesempatan meraih total hibah modal usaha Rp2 miliar, pendampingan profesional, serta jejaring wirausaha dalam Diplomat Entrepreneur Network (DEN), sebuah komunitas wirausaha yang terbentuk dari para alumni DSC dari tahun ke tahun. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 21 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *