Home > HEADLINE > Surakarta Raih Juara Utama Kota Indeks Daya Saing Daerah

Surakarta Raih Juara Utama Kota Indeks Daya Saing Daerah

SURAKARTA[Kampusnesia] –  Pemkot Surakarta meraih penghargaan Juara Utama Kota dalam Anugerah Indeks Daya Saing Daerah Tingkat Jawa Tengah dengan nilai sangat tinggi yakni 4,3332.

Capaian penghargaan tersebut diraih  melalui inovasi dalam bidang pelayanan masyarakat, dan perizinan yang dikemas menjadi satu yakni Solo Destination.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Gedung Gradika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (25/11).

Solo Destination merupakan inovasi pelayanan publik dari Kota Surakarta berbentuk aplikasi berbasis mobile. Fiturnya di antaranya kuliner, pariwisata, hotel, fasilitas umum, pusat perbelanjaan, event budaya, layanan masyarakat, radio anak, dan tempat- tempat bersejarah.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo memberikan apresiasi kerja keras semua ASN dan pihak terkait, dalam menjaga daya saing Surakarta yang merupakan magnet kuat bagi semua pihak, untuk berinvestasi di kotanya.

“Penghargaan ini dimaknai sebagai hasil kerja gotong royong semua ASN dan TKPK (Tenaga Kontrak Pemerintah Kota), yang harus dilakukan terus menerus,” ujarnya.

Dia meminta jajarannya untuk tidak mudah larut dalam kebanggaan. Namun terus berupaya dengan kerja gotong royong dengan jujur dalam pengabdian dan ikhlas dalam pelayanan, untuk menciptakan inovasi yang lebih baik.

Dengan demikian, lanjutnya, Solo Berseri Tanpa Korupsi untuk Masyarakat 3 WMP (Wasis, Waras, Wareg, Mapan dan Papan ) dapat terwujud dengan membangun lima Budhaya, yakni Budhaya Hidup Gotong Royong, Budhaya Memiliki, Budhaya Merawat, Budhaya Menjaga, dan Budhaya Mengamankan Kota Solo dan isinya.

Seperti diketahui, peluncuran layanan aplikasi Solo Destination mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), sebagai kota pertama di Indonesia, yang menyediakan layanan pariwisata berbasis teknologi melalui aplikasi. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 16 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *