Home > EKONOMI & BISNIS > AGRIBISNIS > Sebanyak 48 Petani Ikut Ramaikan Lomba Durian Jepara

Sebanyak 48 Petani Ikut Ramaikan Lomba Durian Jepara

JEPARA[Kampusnesia] – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara dapat memperkenalkan varietas durian unggulan dan upaya untuk mempertahan palasmanutfah durian kepada para pengunjung yang datang dari berbagai daerah dalam penyelenggaraan lomba Durian yang berlangsung, Kamis (10/12).

Sebanyak 48 petani ikut meramaikan lomba varietas durian itu, Bahkan animo pengunjung nampak begitu besar dan berlangsung meriah, meski masih dalam masa pandemi.

Kepala DKPP Kabupaten Jepara melalui Kasi Produksi dan Usaha Hortikultura Zumiarsih mengatakan meskipun di tengah pandemi, tidak mengurangi antusias peserta untuk mengikuti lomba durian, bahkan ada peningkatan peserta.

“Lomba durian yang biasanya dilaksanakan secara meriah dengan pameran hasil pertanian, kali ini dilaksanakan secara terbatas, karena masih dalam pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, lomba durin tersebut digelar sebagai upaya Pemkab Jepara untuk mempertahankan palasmanutfah durian unggul Jepara, mengingat durian Jepara memiliki banyak keunggulan dari segi rasa. Durian unggulan ini perlu dilestarikan dan diperbanyak agar varietas lokal ini tidak punah.

Dia menambahkan untuk perlombaan kali ini, peserta lomba hanya mengirimkan tiga buah duriah yang dilombakan untuk dinilai dewan juri. Selain itu, mereka juga harus mengirimkan foto pohon induk durian tersebut, sehingga tidak asal yang mengikuti lomba ini.

“Untuk pemenang nantinya akan kami daftarkan sebagai varietas durian unggul Jepara,” tuturnya.

Ketua juri lomba durian Jepara Pratomo menuturkan lomba durian ini terintegrasi dengan lomba nasional sebagai upaya penyelamatan palasmanutfah. Dengan lomba ini diharapkan durian Jepara bisa bersanding dengan durian luar yang memiliki nama besar.

Lomba ini, lanjutnya, akan memunculkan durian unggul, seperti durian Petruk yang memiliki cita rasa khas.

Selain lomba durian, tutur Pratomo , DKPP juga sudah melaksanakan lomba buah pisang, mangga dan kopi sehari sebelumnya pada Rabu (11/12). Kegiatan dilaksanakan berbeda waktunya, karena musim mangga dan durian tahun ini berbeda. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 85 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *