Home > EKONOMI & BISNIS > Bandara Internasional A Yani Siap Layani Rapid Test Antigen

Bandara Internasional A Yani Siap Layani Rapid Test Antigen

SEMARANG[Kampusnesia] – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang membuka layanan rapid test antibodi dan antigen bagi para penumpang pesawat, sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 pada masa libur Natal dan Tahun Baru. .

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto menyatakan terhitung mulai 18 Desember 2020, pihaknya menyediakan layanan rapid test antibodi dan antigen gai penumpang pesawat.

Menurutnya, layanan tersebut berada di dua lokasi yang bertempat di Bandara Ahmad Yani Semarang meliputi  Gedung Parkir Lantai 1A dan  Gedung Parkir Lantai 1B.

“Gedung Parkir Lantai 1A biaya rapid test antibodi Rp85.000 dan biaya rapid test antigen Rp170.000, jam operasional setiap hari pada pukul 07.00 WIB– 15.00 WIB. Selain itu, Gedung Parkir Lantai 1B dengan biaya rapid test antibodi Rp95.000 dan biaya rapid test antigen Rp170.000, jam operasional setiap hari pada pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB,” ujarnya, Jumat (18/12).

Menurutnya, terhitung 18 Desember 2020 sampai dengan 18 hari ke depan pada 4 Januari 2021, Bandara Internasional Jenderal A Yani Semarang melaksanakan kegiatan Posko Terpadu Angkatan Udara Natal dan Tahun Baru 2021.

Kegiatan Posko, lanjutnya, selain bertugas untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan, juga dilaksanakan untuk memantau operasional keselamatan penerbangan, memantau operasional  keamanan bandara udara, memantau dan membantu pelayanan dan kenyamanan penumpang.

Bahkan, tutur Ariyanto, Posko juga membantu pelaksanaan dalam keadaan darurat di lingkungan bandara udara sesuai dengan prosedur, menjaga kepatuhan terhadap regulasi penerbangan, serta memantau pergerakan trafik angkutan udara yang meliputi pesawat, penumpang dan kargo.

“Kegiatan ini melibatkan beberapa anggota posko dari Angkasa Pura I, Airnav, fungsi pemerintahan (KKP, Bea Cukai, Imigrasi, TNI & Polri, dan lainya), vendor, pihak maskapai dan ground handling yang telah  melaksanakan persiapan dalam segi fasilitas, personil, jam operasi & kapasitas, menjaga tingkat layanan, serta contingency dan emergency,” tuturnya.

Dia menuturkan pembentukan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Bandara Internasional Jenderal A Yani Semarang mengacu kepada Surat Direktur Angkutan Udara Nomor : AU.007/1/10/DJPU.DAU-2020 perihal Persiapan Posko Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021.

“Selain Posko Terpadu Angkutan Udara Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 yang berfungsi untuk mengumpulkan dan melaporkan data trafik pergerakan pesawat, penumpang, dan kargo di Bandara Jenderal A Yani setiap harinya, juga dilaksanakan Posko Kesehatan berfungsi untuk melayani seluruh pengguna jasa melakukan pengecekan kesehatan, serta Posko Keamanan yang berfungsi untuk melakukan pengamanan di Bandara selama kegiatan Libur Natal Dan Tahun Baru,” ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 86 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *