Home > HEADLINE > Selamati Kapolri Baru, Ganjar: Mudah-Mudahan Ada Reformasi Besar Di Jajaran Polri

Selamati Kapolri Baru, Ganjar: Mudah-Mudahan Ada Reformasi Besar Di Jajaran Polri

SEMARANG[Kampusnesia] – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengucapkan selamat kepada Jenderal Pol Listyo Sigit yang hari ini, Rabu (27/1) resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian RI yang baru.

Ganjar mendukung tekad Sigit menjadikan Polri lebih humanis dan diharapkan Kapolri baru dibwah pimpinannya dapat membawa amanah dengan baik.

“Saya menyampaikan selamat sama pak Kapolri baru, pak Sigit Listyo, mudah-mudahan bisa membawa amanah ini dengan sangat baik,” ujar Ganjar usai menerima kunjungan kerja Badan Legislasi DPR- RI di Gedung Gradhika Bhakti Praja.

Dia menuturkan telah mengikuti proses fit dan proper tes yang dilakukan Sigit di Komisi 3 DPR-RI dan mendukung penuh visi misi Sigit terutama tentang perubahan sistem tilang yang tak lagi dilakukan secara langsung.

“Saya mengikuti dan bagus, jadi mulai yang lebih praktis tilang dihilangkan yang sifstnya langsung dari polisi maka digantikan elektronik, bahkan Dirlantas Polda Jateng sudah mendahului paparan ke saya untuk melaksanakan, saya kira bagus,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, pendekatan persuasif yang ditekankan oleh Jenderal Sigit juga akan membawa Polri ke arah yang lebih baik. Didukung dengan sumber daya manusia yang elegan.

“Pendekatan-pendekatan persuasif lebih diutamakan saya kira itu bagus, sehingga potensi-potensi dari SDM polri yang selama ini suddah cukup elegan, kalau di Jateng ada mas bhabin atau kemudian yang lantas itu bisa main dengan anak-anak tentu itu cara yang elegan,” ujarnya.

Ganjar yang beberapa waktu lalu juga menerima Dirlantas Polda Jateng, memaparkan tentang ETLE juga telah mengusulkan beberapa problem dari masyarakat yang harus dibenahi. Salah satunya terkait SIM dan pungli.

“Saya usulkan kelalulintasan biar lebih cepat, komplen masyarakat soal SIM, pungli di jalanan, saya kira semua sudah terangkum dan ini jadi harapan buat kita semua. Kita akan dukung,” tuturnya.

Terlepas dari itu, Ganjar menyampaikan sukacitanya atas pelantikan Kapolri baru dan berharap, Jenderal Sigit dapat memimpin reformasi besar-besaran di tubuh Polri.

“Mudah-mudahan jauh lebih baik dan terjadi reformasi besar di tubuh kepolisian, wabil khusus dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Rabu (27/1).

Pangkat Listyo Sigit juga naik setingkat, dari Komisaris Kenderal (Komjen) menjadi Jenderal. Pelantikan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, pukul 09.30 WIB.

Pengangkatan Sigit sebagai Kapolri dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dengan demikian, Sigit resmi menjadi Kapolri menggantikan Idham Azis. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 4 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *