Home > HEADLINE > FE Unissula Berhasil Raih Akreditasi Internasional ABEST21

FE Unissula Berhasil Raih Akreditasi Internasional ABEST21

SEMARANG[Kampusnesia] – Prodi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Unissula Semarang berhasil memperoleh akreditasi internasional dari The Alliance on Bussiness Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization (ABEST21).

Dekan FE Unissula Prof Olivia Fachrrunnisa SE MSi PhD mengatakan perolehan akreditasi April 2021 ini membuktikan mutu dan manajemen kedua prodi tersebut telah diakui secara internasional.

Kedua prodi itu, lanjutnya, juga dinilai mampu bersaing di era globalisasi teknologi, sosial, ekonomi, budaya, dan akselerasi teknologi informasi.

Menurutnya, Prodi (S1) Manajemen dan Akuntansi telah terakreditasi A selama beberapa periode, sehingga perlu untuk mendapatkan pengakuan di level internasional, salah satunya dengan proses akreditasi yang diselenggarakan oleh lembaga internasional yang berpusat di Jepang itu.

“Proses perolehan status terakreditasi ini merupakan proses perjalanan yang cukup panjang dan berliku, tetapi kami mendapat banyak manfaat dari proses ini, seperti terus dilakukan pembenahan internal untuk memenuhi standar kurikulum dan layanan akademik Fakultas Ekonomi berkelas internasional,” ujar Olivia, Senin (5/4).

Dia menambahkan momen perolehan akreditasi internasional tersebut bukan menjadi tujuan akhir dari perjalanan FE Unissula, Namun lebih dari itu yaitu merupakan upaya sistematis untuk selalu melakukan continues improvement (perkembangan yang berkelanjutan).

Keanggotaan FE Unissula (membership) dengan lembaga ini sudah dimulai sejak 2018, sekaligus menjadi tahapan pertama sebelum tiga tahapan inti lainnya hingga akhirnya dilakukan visitasi oleh Tim ABEST21.

Tiga tahapan tersebut ialah eligibility (mengikuti ujian kelayakan), quality improvement system (QIS) atau peningkatan kualitas yang sistematis, dan self check report (SCR) atau submit dokumen laporan evaluasi diri.

“Butuh proses lima tahun mulai dari mendaftarkan keanggotaan, proses seleksi, visitasi, hingga tahapan pengumuman. Dari proses yang panjang tersebut akhirnya Prodi Manajemen dan Akuntansi FE Unissula memperoleh akreditasi internasional ABEST21 untuk pertama kalinya pada April 2021m” tuturnya.

Dia menuturkan perolehan akreditasi ini memberikan makna bahwa apa yang telah diupayakan FE Unissula untuk mencetak generasi khaira ummah yang berwawasan global dan menjunjung kearifan lokal telah mendapat pengakuan dari dunia internasional. Selain itu proses belajar mengajar dan penjaminan mutu kurikulum serta capaian pembelajaran telah disetarakan dengan prodi-prodi lain di seluruh dunia.

“Prodi Sarjana Manajemen dan Akuntansi memiliki orientasi untuk menciptakan islamic business scientist, islamic business professionals worker dan islamic digital entrepreneur sebagai bagian generasi khaira ummah, yaitu generasi terbaik yang mampu menjadi khalifatullah fil ardh dengan mengemban tugas untuk memakmurkan kehidupan di bumi,” ujarnya.

Lulusan FE Unissula, tutur Olivia, memiliki kemampuan digital untuk menjadi ilmuwan dan praktisi bisnis yang professional atau membangun business start up yang berwawasan global dan memiliki karakter islami dengan lima nilai inti, yaitu Cooperation, Leadership, Innovative, Fairness dan Amanah, yang disingkat menjadi Choolifah.

“Perolehan akreditasi ini diharapkan akan semakin meluaskan dakwah dan niat kita untuk menyiapkan generasi-generasi yang tangguh yang memiliki wawasan global dan memegang teguh nilai nilai Islam dalam setiap aktivitasnya,” tuturnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 2 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *