Home > HEADLINE > XL Axiata Perkuat Jaringan Di Wilayah Pantura Jateng

XL Axiata Perkuat Jaringan Di Wilayah Pantura Jateng

SEMARANG[Kampusnesia] – XL Axiata gencar meningkatkan jaringan data dan telekomunikasi di wilayah pantura Jateng, sebagai upaya untuk mendukung mobilitas dan aktivitas perekonomian di wilayah itu yang belakangan ini terus meningkat.

Peningkatan jaringan data itu meliputi tujuh wilayah Demak, Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Grobogan, hingga Blora.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan wilayah di sepanjang jalur Pantura tersebut merupakan salah satu wilayah penyangga utama ekonomi Jawa Tengah, sehingga permintaan atas layanan telekomunikasi dan data semakin tumbuh cukup pesat.

“Dalam dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik naik hingga 300%. Jadi, ini kawasan yang sangat potensial. XL Axiata berkomitmen untuk menyediakan jaringan infrastruktur dan layanan yang bisa memenuhi ekspektasi pelanggan di sana,” ujarnya, Jumat (30/4).

Saat ini, lanjutnya, XL Axiata memiliki sekitar 1.100 BTS yang tersebar di ketujuh kota/kabupaten itu, yang melayani total sekitar 1,2 juta pelanggan. Sebanyak 78% dari total BTS merupakan BTS 3G dan 4G.

Menurutnya,  jaringan XL Axiata telah menjangkau 109 kecamatan yang ada di seluruh kabupaten, termasuk ke lebih dari 1.700 desa.

Program fiberisasi terus dilakukan ke semua BTS yang ada, guna meningkatkan kapasitas jaringan agar kualitas data menjadi maksimal.

Dia menambahkan dalam beberapa tahun terakhir ini, perusahaan juga terus melakukan perluasan ke area-area yang belum terjangkau layanan seluler.

Dalam dua tahun terakhir, tutur Bambang, trafik layanan data XL Axiata terus meningkat sekitar 300% dengan peningkatan tertinggi berada di Kabupaten Pati.

Trafik ini berpotensi untuk terus meningkat karena masyarakat Jateng pada umumnya juga semakin bergantung dengan berbagai layanan digital untuk mendukung produktivitas dan mendapatkan akses ke layanan hiburan.

Selain itu, lanjutnya, jika jalan tol Semarang- Demak sudah selesai dan dioperasikan, dipastikan aktivitas ekonomi akan semakin meningkat hingga mendorong pertumbuhan berbagai sektor ekonomi.

Selain dikenal sebagai jalur utama yang menghubungkan kota-kota Jawa Tengah ke Jawa Timur, Pati, Kudus, hingga Blora dikenal sebagai kawasan dengan beragam industri, baik besar maupun berskala UMKM.

Selain itu ketujuh kabupaten ini pun memiliki beragam destinasi wisata. Mulai dari yang mengusung keindahan alam seperti pantai dan laut hingga destinasi religi. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 3 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *