Home > EDITOR'S CHOICE > Salah Satu Strategi Pencegahan Covid-19 Bisa Dilakukan Melalui Ketahanan Keluarga

Salah Satu Strategi Pencegahan Covid-19 Bisa Dilakukan Melalui Ketahanan Keluarga

                                                            Oleh: Bambang Agus Suryono

Ketahanan Nasional di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan konsepsi pengembangan Kekuatan Nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan Kesejahteraan dan Keamanan yang seimbang, serasi dan selaras dalam seluruh aspek  kehidupan secara utuh, menyeluruh dan terpadu berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Kesejahteraan dapat digambarkan sebagai kemampuan bangsa dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai nasional demi kemakmuran rakyat secara adil dan merata. Adapun keamanan adalah kemampuan bangsa untuk melindungi nilai-nilai nasional terhadap ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri.

Dari beberapa aspek dari ketahanan nasional di antaranya Ketahanan Politik Ketahanan Sosial Budaya dan Ideologi, Ketahanan  Teknologi/Pendidikan , Ketahanan Ekonomi/Ketahanan Keluarga.

Ketahanan Keluarga bagian dari pada ketahanan nasional yang merupakan strategi yang sangat penting sekali dalam menekan lonjakan kasus Covid-19 yang sedang melanda di negeri ini.

Keluarga merupakan harta yang paling berharga yang kita punyai, perlu kita ketahui bersama beberapa waktu belakangan ini lonjakan kasus Covid-19 secara nasional cukup segnifikan dalam penyebarannya di beberapa kota besar di Indonesia

Data Satgas Covid , Tanggal, 11 Agustus 2021 menyebutkan Jawa Tengah terdapat 4.980 kasus Covid-19, Jawa Barat 3.174kasus Covid-19, Jawa Timur 2.885 Kaaus Covid-19, DKI Jakarta         sebanyak 1.957 kasus Covid-19, Kaltim 1.843 kasus Covid-19, Yogyakarta 1.510 kasus Covid-10. Spesimen  mencapai 210.815 dan Suspek sebanyak 286.417.

Bagaimana kita semua bisa berupaya seoptimal mungkin agar kondisi yang sudah baik ini, tidak ada lonjakan kasus Covid 19 . Guna mengantisipasi lonjakkan kasus pendemi ini, salah satunya dengan cara menguatkan Ketahanan Nasional melaui ketahanan keluarga.

Menurut Prof Dadan Umar Daihani ( Bidang Sumber kekayaan alam dan ketahanan Nasional Lemhanas ), yang disampaikan beberapa bulan yang lalu pada Forum Diskusi Gubernur Lemhanas RI dengan Pimpinan Redaksi Media Sosial, Prof Dadan Umar mengatakan untuk memutus mata rantai penularan Covid 19 diperlukan dengan pergerakan manusia yang harus dibatasi, tetapi jika pergerakan manusia dibatasi tentunya perekonomian akan cenderung menurun/terhenti, maka akan terjadi resesi, sehingga persoalan yang dihadapi semakin kompleks dan diperlukan kerja dengan seluruh institusi yang ada dilapangan guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 tersebut.

Salah satu untuk ,emutus mata rantai Covid-19 kita harus bekerja sama dengan organisasi masyarakat/institusi yang ada di tingkat paling bawah dilingkungan Rukun Tetangga (RT), dengan cara bekerja sama dengan organisasi yang terkecil  yaitu keluarga, karena organisasi ini mempunyai peran yang sangat penting dalam menghadapi situasi kondisi pada saat ini.

Berdasarkan Undang-Undang 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan keluarga, Bab I Pasal 1 ayat 6 pengertian keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri ari suami istri atau suami stri dan anaknya/ayah dan anaknya (duda)/ibu dan anaknya (Janda). Adapun yang dikatakan keluarga Harmonis adalah keluarga yang bisa mempengaruhi kepribadian anggota keluarga tersebut.

Perlu Kita ketahui bersama penyebaran virus Covid-19, yang terbanyak dari klaster keluarga maka diperlukan pencegahannya dengan cara menggerakan Institusi yang ada dilingkungan keluarga dengan melakukan fungsi keluarga, adapun fungsi keluarga yang harus diterapkan dilingkungan keluarga ada 8 (delapan ) fungsi keluarga terdiri

Fungsi Agama

Benar adanya kalau agama itu menjadi pedoman hidup bagi keluarga. Karena agama merupakan tempat persemaian nilai nilai agama dan budaya bangsa,  membimbing dan mengajarkan untuk menciptakan keharmonisan dalam keluarga, sehingga seluruh anggota keluarga menjadi insan agamis yang penuh iman kepada Tuhan Yang Maha Esa,

Fungsi Sosial Budaya

Menanamkan pada anggota keluarga  sesuatu yang baik dengan mengajarkan pola tingkah laku serta nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Keluarga diharapkan dapat mengenalkan budaya Indonesia sebagai dasar nilai kehidupan, sehingga anak mempunyai wawasan terhadap berbagai budaya yang ada di Nusantara ( Sabang – Merauke ).

Fungsi Cinta & Kasih

Fungsi Cinta dan kasih sayang yang terjadi dengan baik di lingkungan   keluarga , tentunya akan membentuk rumah tangga menjadi tempat yang menyenangkan bagi para anggota keluarga.

Begitu besar akan terlihat dalam keluarga, baik rasa empati, rasa ingin membahagiakan keluarga jelas akan muncul disela – sela kebersamaan.

Fungsi Perlindungan

Bahwa keluarga merupakan pelindung  yang pertama untuk mengayomi anggota keluarga agar rumah tangga akan menjadi tempat yang menyenangkan, rasa aman serta bernaung bagi anak dan keturunannya. Kebiasaan yang diciptakan keluarga, secara tidak langsung ini akan memnbuat  terbiasa dan nyaman berada dalam lingkungan keluarga.

Fungsi Reproduksi

Fungsi Reproduksi sangat penting bagi Keluarga dan anggotanya fungsi reprouksi sangat penting bagi keluarga untuk mengetahui reproduksi sehat yang terencana, sehingga anak yang dilahirkan nantinya mampu menjadi generasi penerus yang berkualitas.

Fungsi Sosialisasi Pendidikan

Fungsi Sosial Sebagai mahluk social, tentu kita wajib bersosialisasi. Sebagai  Keluarga, tentu kita memiliki tetangga dengan tetangga untuk menambah keharmonisan bertengga. Pendidikan, di lingkungan keluarga menjadi media pembelajaran yang pertama, karena pada dasarnya semua diawali dengan mencontoh kebiasaan orang terdekat yakni keluarga menjadi jasa pendidikan informasi utama, selain dibangku sekolah.

Fungsi Ekonomi

Fungsi ekonomi, dilingkungan keluarga merupakan pembagian tugas antara bapak dan ibu dalam mengurus rumah tangga yang berkaitan dengan mengatur keuangan dan merencanakan keuangan keluarga  di dalam rumah tangga. Memanfaatkan ekonomi keluarga yang teratur  dan baik uang yang dikelola oleh pasangan suami istri dilingkungan keluarga akan mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Fungsi Lingkungan

Kesadaraan akan pentingnya lingkungan yang bersih, sehat, aman dan nyaman perlu ditanamkan sejak dini. Hal ini dilakukan agar mendorong sikap dan perilaku peduli lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, melakukan kegiatan penghijauan agar lingkungan kita bersih, sehat, aman dan nyaman,  tentunya penyakit / virus akan menjauh dari lingkungan keluarga.

Klaster Keluarga dalam penyebaran virus Corona yang berasal dari anggota keluarga atau orang yang berasal dari anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah di dalam lingkungan keluarga merupakan penyebab penyebaran virus tersebut, karena berawal dari seseorang yang sudah lebih dahulu tertular lalu menularkan pada anggota keluarga yang mana anggota keluarga sangat berperan sekali dalam melaksanakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dari klaster keluarga dapat dicegah dengan cara 8 M  yaitu :

Menjaga jarak

Selalu terapkan jaga jarak dirumah, terutama jika ada anggota keluarga yang kerap bepergian atau bekerja dan bertemu banyak orang. Jaga Jarak semakin penting dilakukan. Menjaga jarak di situasi seperti sekarang ini sangat penting guna memutus mata rantai dari penyebaran Covid 19. Hindari pula berciuman dengan anggota keluarga ( untuk Sementara ).

Memakai Masker

Jika keluar rumah atau sering bepergian  di wajibkan memamkai masker , juga saat di rumah untuk menghindari penularan  sesama anggota keluarga. Penularan dapat terjadi pula dari orang yang tidak menunjukkan gejala covid 19 ( OTEGE ), kalau di dalam rumah tangga/dilingkungan keluarga yang memiliki gejala flu/batuk/meriang segera di bawa ke dokter/klinik/ puskesmas terdekat dan selalu gunakan masker, biarpun itu di rumah.

Mencuci Tangan

Selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum beraktifitas atau menyentuh barang di rumah.  Juga budayakan etika bersin dan batuk dengan menutup mulut dengan tangan (jangan lupa setelah itu mencuci tangan dengan sabun) virus Covid-19 dapat hidup dibenda mati dan dapat berpindah ketangan dari satu ketangan lain.

Membatasi Mobilitas

Kurangi berpergian, jika tidak dalam kondisi darurat atau penting sekali, pastikan seluruh anggota keluarga selalu dirumah melakukan aktifitas  fisik bekerja secara WFH (Work From Home) dan melaksanakan kegiatan rutin di rumah seperti membersihkan rumah dengan menyapu, mengepel/menglap barang-barang dengan pembersih yang mengandung desinifektan.

Menjauhi Kerumunan

Hindari kerumunan tempat dengan jumlah orang yang banyak seperti pasar, hajatan, nonton music, pertandingan sepak bola,  menonton orang kecelakaan

Makan Bergizi

Makan yang sehat dan bergizi, pastikan anggota keluarga mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang guna menunjang kekebalan tubuh. Konsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan tambahan vitamin dan asupan makanan yang baik dan menyehatkan

Menjaga Kesehatan 

Menjaga kesehatan  para anggota keluarga dan pastikan dalam  keadaan sehat jika memiliki  dengan gejala flu,batuk,pusing meriang  yang tak biasa segera bawa kedokter dengan menggunakan alat pelindung yang memadai seperti memakai masker dan sarung tangan.

Melakukan Olah Raga

Melaksanakan aktivitas fisik yang menyenangkan dengan  berolah raga sambil berjemur    guna meningkatkan kekebalan tubuh , bagi anggota keluarga di rumah yang melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan kekebalan tubuh ( Imun ), dan beristirahat yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Di masa pandemi melanda di negeri kita aat ini, maka marilah kita merapatkan barisan guna menjaga Anggota Keluarga satu sama lainnya selalu sehat, hal ini penting sekali untuk saling menjaga, mensport satu sama lainnya, menjadi semakin erat. Musibah itu meruntuhkan keangkuan bukan malah menambah ke akuan dan wabah itu mendekatkan diri pada Allah SWT malah jangan menjauh.

Semoga kita semua senantiasa diberikan Keselamatan, kesehatan, Keberkahan, Umur Panjang dan Selalu Dalam Lindungan Nya.

Demikian sekilas guratan kami semoga bermanfaat dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga di manapun berada, karena harta yang paling berharga adalah keluarga, istana yang paling indah adalah keluarga, maka jadikanlah keluarga bak puisi yang paling indah, permata yang paling berharga dan pelabuhan yang paling damai.

                            Bambang Agus Suryono (Keliek) Dosen Stikom Semarang

* Artikel ini telah dibaca 643 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *