Home > EKONOMI & BISNIS > PLN Mulai Integrasikan ‘SCADA Keypoint’

PLN Mulai Integrasikan ‘SCADA Keypoint’

WONOSOBO[Kampusnesia] –  PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, mulasi melakukan pekerjaan Integrasi Supervisory, Control and Data Aqcuisition (SCADA) Keypoint titik DBG03-83, di Jl Raya Wanayasa, Wonosobo. Integrasi SCADA ini dilakukan agar penanganan dan respons terhadap gangguan serta pemeliharaan lebih cepat lagi.

Manager UP2D Jawa Tengah dan DIY Ery Juniarta Partama mengatakan SCADA merupakan teknologi yang menggabungkan fungsi pengawasan, pengendalian dan pemerolehan/pengambilan data jarak jauh yang terpusat pada suatu tempat yang disebut Pusat Kontrol Distribusi.

“Integrasi scada keypoint ini merupakan tugas UP2D Jateng & DIY sehingga peralatan kelistrikan dapat dikontrol dari jarak jauh. Hal ini sejalan dengan tugas dan kewenangan UP2D sebagai Pengatur Distribusi Tenaga Listrik di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Dengan demikian, pengoperasian jaringan tenaga listrik dapat dipercepat melalui Pusat Kontrol Distribusi,” ujarnya, Jumat (29/10).

Di a menambahkan melalui integrasi SCADA, pemulihan bisa 1-2 menit saja. Karena jika terjadi gangguan di jaringan tenaga listrik dapat terpantau langsung di sistem SCADA.

“Upaya itu sebagai langkap PLN meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sistem ini akan memperkecil beban padam,” tuturnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 78 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *