Home > HEADLINE > Dr Supari Dilantik Menjadi Rektor USM Periode 2021-2025

Dr Supari Dilantik Menjadi Rektor USM Periode 2021-2025

SEMARANG[Kampusnesia] –  Dr Supari ST MT secara resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Semarang (USM) periode 2021-2025, yang berlangsung di Auditorium USM Jl Soekarno-Hatta Semarang, Senin (1/11).

Supari yang sebelumnya menjabat Wakil Rektor III USM tersebut, bersama tiga wakil rektor dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Ketua Pengurus Yayasan Alumni Universitas Diponegoro (Undip), Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM. Tiga Wakil Rektor (I-III) yang turut dilantik yakni Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Dr Titin Winarti SKom MM, dan Dr Mohammad Junaidi SHI MH.

Pelantikan Rektor dan Wakil Rektor USM tersebut dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD, Kepala LLDIKTI wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA, civitas akademika USM, dan tamu undangan.

“’Tantangan semakin berat, namun saya yakin USM akan semakin oke. Kehadiran USM ini tak hanya cetak lulusan secara intelektual, tapi mampu membuat wilayah Semarang maju. Saya sering diajak rembugan tentang banyak hal untuk kemajuan Kota Semarang,” ujar Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu.

Dia menambahkan komunikasi yang terjalin baik selama ini agar dipertahankan.

“’Kami ingin USM besar. Kami titip satu hal, yaitu karakter. Ini perlu didorong. Tolong titip selipkan Pancasila di semua mata kuliah. Sebab, generasi muda sudah mulai abai dengan Pancasila,”’ tutur Hendi.

Hendi juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor USM periode 2017-2021 Andy Kridasusila SE MM yang telah sukses memimpin USM.

“’Jadikan kampus ini menjadi laboratorium pendidikan untuk kemajuan Kota Semarang,” pintanya.

Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto Hadi menuturkan Rektor USM Dr Supari agar merangkul seluruh elemen di USM untuk kemajuan kampus.

“’Sejak penyampaian visi-misi para calon rektor mampu utarakan masalah yang dihadapi kampus, dan menawarkan solusi menarik,” ujar Prof Sudharto.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Rektor sebelumnya, Andy Kridasusila yang membawa USM memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Kota Semarang dan terbanyak kedua di Jateng.

Prof M Zainuri selaku Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jateng juga mengapresiasi kemajuan USM saat ini.

Sementara itu, Rektor USM Dr Supari ST MT siap meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen, serta melanjutkan program rektor sebelumnya.

“’Kami siap tingkatkan kerja sama dengan berbagai pihak. Kami juga siapkan mahasiswa semua program studi agar menjadi pengusaha sejak di kampus. Karena itu, lulusan USM diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri untuk keterserapan tenaga kerja dari alumni USM.

“’Tiap tahun USM menerima 4.000 hingga 5.000 mahasiswa baru. USM ikut entaskan kemiskinan. Saya sepakat dengan Pak Wali Kota Semarang, USM tak hanya cetak lulusan intelektual tapi harus punya karakter,” ujarnya.

Dia menambahkan saat ini pembelajaran masih daring. Direncanakan semester depan akan dilakukan pembelajaran tatap muka mengikuti protokol kesehatan (Prokes). (rs)

* Artikel ini telah dibaca 119 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *