Home > HEADLINE > Polrestabes Semarang Gelar Diskusi Libas Gayeng

Polrestabes Semarang Gelar Diskusi Libas Gayeng

SEMARANG[Kampusnesia] – Dalam rangka peningkatkan pelayanan Masyarakat, Polrestabes Semarang melaksanakan Diskusi Libas Gayeng yang berlangsung di aula Polrestabes Semarang, Rabu (3/11.

Kegiatan diskusi dibuka oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar SIK SH MHum, Kemudian untuk pembicara atau pengisi materi diskusi langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang DR Bambang Pramusinto SH SIP MSI.

Turut hadir dalam kegiatan diskusi terdiri PJU Polrestabes Semarang, Kapolsek Semarang Barat, Kapolsek Gajahmungkur, Kapolsek Semarang Selatan, Kapolsek Genuk, Biro Kerja sama Urusan Internasional Universitas Dian Nuswantoro, Tim Penulis Buku Libas, Wartawan Media cetak dan online Kota Semarang, Perwakilan Pelaku Usaha Kota Semarang, dan Korban Curras di Jalan Pemuda Semarang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang prima tentang antisipasi tindak pidana dan ungkap kasus, Polrestabes Semarang bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang telah bekerja sama memasang ratusan kamera pengintai atau CCTV di seluruh titik kawasan. Kehadiran CCTV dianggap sangat membantu kinerja aparat Kepolisian untuk melacak pelaku kejahatan dan mencegah suatu peristiwa kriminal.

Ke depan, lanjutnya, akan di pasang CCTV di tempat keramaian meliputi pasar, titik titik rawan kecelakaan, tempat kegiatan demo menyampaikan pendapat dimuka umum, tempat wisata. Serta akan disempurnakan dengan hasil lebih jelas dan jernih, sehingga dalam jarak yang jauh bisa terlihat pelaku kriminal atau pun kejadian yang terjadi lebih detail.

Sedangkan DR Bambang Pramusinto menuturkan sinergitas dan kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang dengan Polrestabes Semarang telah berkembang terus dengan kehadiran CCTV di tiap ruas jalan Kota semarang hingga di tiap RT, sehingga sangat membantu kinerja aparat kepolisian untuk melacak pelaku kejahatan dan mencegah suatu peristiwa kriminal.

Kapolrestabes Semarang menambahkan Polrestabes Semarang telah memiliki aplikasi Libas sebagai upaya memberi keamanan dan kenyamanan warga Kota Semarang. Aplikasi terkoneksi dengan seluruh anggota Polrestabes Semarang, sehingga jika ada masalah dapat segera dibantu.

Aplikasi Libas sebagai bentuk pengamanan secara mobile dan digital guna mengantisipasi maraknya aksi kejahatan. Aplikasi Libas bisa diakses melalui telepon berbasis android dengan mengunduh di playstore.

“Aplikasi Libas sebagai langkah untuk memberikan perlindungan serta pelayanan masyarakat Kota Semarang. Diharapkan bisa efektif untuk membantu masyarakat jika melihat maupun mengalami permasalahan,” ujar Irwan Anwar.

Sebab aplikasi terhubung dengan server di Polrestabes Semarang dan langsung terkoneksi dengan telepon genggam milik seluruh anggota Kepolisian setempat. Baik yang melakukan pengamanan maupun sedang berada di luar dinas.

Dalam fitur aplikasi Libas, terdapat tombol virtual SOS yang bisa memanggil anggota Kepolisian jika masyarakat melihat maupun mengalami kejadian kejahatan. Aplikasi juga terkoneksi dengan aplikasi pelayanan milik Pemkot Semarang terkait pelayanan kesehatan maupun pelayanan pengaduan lainnya.

Kapolrestabes menuturkan Polrestabes Semarang juga mempunya Team Elang Hebat Semarang (TEBAS) adalah team yang memiliki kemampuan tehnis khas Kepolisian (khusus) yang ditugaskan untuk melaksanakan pemeliharaan keamanan dan keterlibatan masyarakat selama 24 jam. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 80 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *