Home > HEADLINE > JMSI Gandeng Unnes Dan UPN Veteran Tingkatkan Kualitas Pers Nasional

JMSI Gandeng Unnes Dan UPN Veteran Tingkatkan Kualitas Pers Nasional

SEMARANG[Kampusnesia]  – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menjalin kerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) di bidang upaya  peningkatan kualitas pers nasional.

Ketua umum JMSI Teguh Santosa mengatakan agar kehidupan pers nasional semakin sehat seiring dengan kian tumbuhnya demokrasi di tanah air dibutuhkan hadirnya insan pers yang berkualitas dan profesional.

“JMSI hadir untuk merespon tantangan itu, namun tidak bisa sendirian. Karena itu kami bermitra dengan berbagai pihak, kali ini dengan  UPN Veteran  Yogya dan Unnes,” ujarnya usai penandatanganan naskah kerjasama JMSI dengan dua PTN itu  disela Rakernas JMSI I  yang berlangsung  Semarang, Kamis (11/11)

Menurutnya, rakernas JMSI I yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu – Jum’at ( 10 – 12/11)  di Metro Park View Hotel Semarang ini merupakan ajang konsolidasi organisasi yang diikuti pengurus propinsi JMSI se tanah air.

Inilah, lanjutnya, kegiatan level nasional organisasi yang pertama kali dijalankan sejak JMSI dideklarasikan ditengah-tengah berlangsungnya hari pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin.

Dia menambahkan, JMSI pusat optimis organisasi ini dapat tumbuh dan berkembang pesat. Keterlibatan para tokoh pers daerah yang telah membuktikan kehebatannya dalam mengembangkan JMSI di daerah menjadi modal besar untuk memajukan pers nasional.

Kesediaan PT bermitra dengan JMSI , tutur Teguh, juga menjadi bukti sekaligus modal besar organisasi untuk membuktikan diri bahwa kehadirannya bukan semata-mata untuk memenuhi keinginan menjadi konstituen dewan pers, tetapi lebih dari itu, yakni turut berkontribusi  menyehatkan pers nasional.

Ketua panitia Rakernas I JMSI Jayanto Arus Adi mengatakan bagi JMSI  kerja sama dengan perguruan tinggi merupakan langkah strategis. Melalui  Tri Darma yang melekat pada PT itu perusahaan-perusahaan media siber yang tergabung dalam JMSI dapat mengambil manfaat.

“Melalui peran pengabdian masyarakat misalnya, perusahaan media siber anggota JMSI dapat mengikutsertakan wartawannya dalam Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan UPN Vetetan Yogyakarta yang sudah memiliki lembaga uji UKW,” ujarnya

Demikian juga sebaliknya, dalam merealisasikan program pengembangan  pendidikan, PT dapat mengikutsertakan mahasiswanya dalam program magang di sejumlah perusahaan – perusahaan media di bawah JMSI. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 46 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *