Home > HEADLINE > Potret Kampus STIKOM Semarang Saat ini

Potret Kampus STIKOM Semarang Saat ini

Kampusnesia.com, Semarang Jawa Tengah – Sekolah Tinggi Ilmu komunikasi (STIKOM) Semarang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang dengan program studi ilmu komunikasi pertama di Jawa Tengah, dengan akreditasi “B”sesuai SK BAN-PT No. 192/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2018. Lokasinya yang strategis, beralamat di Jl. Wolter Monginsidi No.119, Pedurungan Tengah, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192.

Awalnya, STIKOM Lahir sebagai Akademi Publisitik Pembangunan Dipanagara (APPD). Kemudian STIKOM meningkatkan jenjang ke program S1 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIK) Semarang pada tahun 1969. Melalui catatan yang panjang STIK Semarang akhirnya berubah nama menjadi STIKOM Semarang hingga sekarang.

Sampai sekarang STIKOM tetap eksis dan konsisten dalam menyelenggarakan program studi komunikasi. Hal ini membuktikan bahwa STIKOM merupakan perguruan tinggi yang handal dengan memiliki pola manajemen perguruan tinggi yang tanggap pada perubahan jaman.

Dengan berbagai program peminatan diantaranya Public Relations, journalism, advertesing, boardcasting, komunikasi pemasaran, serta komunikasi politik, STIKOM semarang berhasil meluluskan 1.810 Sarjana yang telah bekerja diberbagai bidang terutama yang terkait dengan dunia kehumasan, penyiaran, jutnalisme, konsultan komunikasi politik, birokrasi, militer dan lain sebagaimnya, alumni stikom semarang telah menunjukan kiprahnya dalam bidang komunikasi, terbukti bahwa stikom semarang mampu mencetak lulusan yang berkompeten.

VISI & MISI

Visi STIKOM Semarang adalah: Pada tahun 2022 menjadi Institusi yang dapat memberikan kontribusi perkembangan ilmu Komunikasi melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Misi STIKOM Semarang adalah:

1. Menyelenggarakan pendidikan dalam lingkup disiplin Ilmu Komunikasi.
2. Melaksanakan penelitian khususnya di bidang disiplin Ilmu Komunikasi.
3. Melaksanakan pengabdian masyarakat khususnya di bidang disiplin Ilmu Komunikasi.
4. Melaksanakan kerjasama ekternal dengan

Tujuan STIKOM Semarang adalah:

1. Menghasilkan lulusan yang unggul pada bidang ilmu Komunikasi.
2. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan untuk kepentingan pengabdian kepada masyarakat dan bangsa.
3. Mengembangkan kapasitas tata kelola dan sumber daya yang baik.
4. Meningkatkan kerjasama diberbagai bidang untuk meningkatkan mutu Tridharma Perguruan Tinggi.
5. Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal baik akademi maupun non akademik agar menghasilkan sistem pendidikan yang berkualitas.
6. Meningkatkan citra Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang di masyarakat, kalangan perguruan tinggi, dunia usaha media massa, dan pemerintah.

Nah itulah Potret Kondisi Kampus STIKOM Semarang hingga saat ini. Kampus STIKOM Semarang AKTIFITASNYA 15 Jam. Luar biasa, jam Kuliah ada kelas pagi, sore maupun kelas sabtu Minggu. Setiap hari sabtu ada juga praktek lab Multimedia audio Visual, ( Laporan Wartawan Nur Nofika Kampusnesia.com ).

* Artikel ini telah dibaca 89 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *