Home > HEADLINE > Ratusan Warga Desa Kalangbancar Geyer Grobogan Ikuti Acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Oleh MPR/DPR RI

Ratusan Warga Desa Kalangbancar Geyer Grobogan Ikuti Acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Oleh MPR/DPR RI

Kampusnesia.com, Grobogan Jawa Tengah – Anggota MPR/DPR RI yang juga sebagai Ketua Umum Gerakan Jalan Lurus dan GAMAT RI  Riyanta, SH Senin, ( 20/09/22 ) kembali melakukan acara sosialisasi kebangsaan empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Acara sosialisasi kali ini di adakan di dukuh Setro, desa Kalangbancar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Acara sosialisasi Kebangsaan ini sungguh sangat unik dan langka, karena selain diadakan di desa pelosok yang diapit hutan Jati dan Waduk Kedung Ombo bahkan untuk menuju kedesa tersebut harus berurusan dengan hutan belantara, gelap dipenuhi tumbuhan pohon Jati milik Perum Perhutani Gundih Grobogan. Namun meski masih banyak kekurangan, kondisi desa terlihat asri, sayuk rukun kegotong royongannya masih kental. Kegiatan Sosialisasi empat Pilar  kebangsaan ini sangat membahagiakan. Selain hawanya yang sejuk juga dihalaman rumah penduduk disuguhi senikarawitan berupa ledek atau tayub, sinden nya cantik cantik membuat mata lelaki tak berkedip kedip. Akibat dari sinden nya yang cantik cantik, maka peserta sosialisasi enggan meninggalkan tempat acara, bahkan menunggu sampai gelaran sosialisasi dan hiburan tayub berakhir. Menurut Kasno salah satu penduduk dusun Setro Kalangbancar, mengatakan baru kali ini di desanya kedatangan pejabat Negara dari MPR/DPR RI, ini merupakan salah satu bentuk kebangaan dan kewibawaan desa atas kedatangan anggota MPR/DPR RI Pusat yang sudah dating didesanya, selain mendapatkan pendidikan tentang pemahaman nilai nilai pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Kebhinekaan Tunggal Ika warga juga menikmati suguhan seni Tayub yang membuat peserta terpesona, Kata Kasno.

Untuk mengawali acara sosialisasi kebangsaan tersebut, semua Peserta berdiri tegak untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Sebelum acara inti sosialisasi kebangsaan dilakukan, kepala desa Kalangbancar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Sutrisno menyampaikan sambutannya atas kedatangan Anggota MPR/DPR RI Riyanta, SH beserta tim Sosialisasi atas kedatangannya di acara tersebut, selain itu kepala desa juga menyampaikan rasa terimakasih nya kepada saudara Jasmin Gatot  yang sudah berkenan memberikan tempat tinggal nya disulap dijadikan tempat acara sosialisasi dan hiburan tayub, terlihat seperti orang yang sedang mantu, seperti hajatan besar, ini sungguh luar biasa. Ini menandakan bahwa kerukunan warga sangat baik dan kegotong royongannya sangat kental dan luar biasa. Dalam kesempatn tersebut, Pihak desa selain berterimakasih atas kedatangan dari Bapak DPR/MPR RI H. Riyanta, SH pihak desa masih banyak pekerjaan lingkungan yang belum terselesaikan mesti sudah terpogramkan oleh ADD, namun karena keterbatasan anggaran dan letak kondisi desa yang cukup luas maka, pembangunan seperti talud jalan, infrastruktur, pengadaan alat pertanian ( Traktor ) supaya diperhatikan dan diperjuangankan di tingkat pusat, pihak desa tidak bisa memberikan oleh oleh namun oleh oleh berupa proposal terkait pembangunan desa, semua warga desa insya Allah memberikan dukungan supaya Bapak Riyanta, SH selalu diberikan kesehatan lahir dan batin dan tentu dimudahkan dalam hal segala urusan nya oleh Allah SWT, Kata Sutrisno untuk mengakhiri kata kata sambutannya.

Sementara itu Anggota MPR/DPR RI Riyanta, SH menyampaikan pokok isi materi tentang sosialisasi kebangsaan yang terdiri dari empat pilar, yakni Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, semua dikupas satu persatu hingga selesai. Dalam penyampaian pokok materi soal empat pilar tersebut warga desa yang sudah menunggu lama sejak acara belum mulai warga sangat antusias mendengarkan daripada orasi ilmiah nya yang disampaikan oleh Riyanta. Riyanta selain menyampaikan empat pilar tersebut, juga memberikan suatu pembekalan kepihak warga desa, supaya dalam menjalankan sistem gotong royong agar menyatu dengan pemerintah desa, Harapannya dengan jalinan komunikasi dengan baik, segala urusan yang berkaitan dengan administrasi desa mudah, seperti pengurusan sertifikat tanah, kependudukan, dan pengurusan administrasi jenis lainnya. Jika pihak desa masih dipersulit dalam hal pengurusan surat menyurat seperti pembuatan sim mahal dan lain sebagainya supaya hal tersebut dapat dilaporkan ke Gerakan Jalan Lurus, nantinya akan dibantu secara total dan Gratis, pak Kepala desa, pak kadus dan perangkat lain juga bisa menjadi relawan Gerakan Jalan Lurus. Sekarang jaman sudah berbeda dengan jaman jaman pemerintahan sebelumnya, pemerintahan Jokowi Ma’ruf Amin ini sangat mudah dalam hal pengurusan kepentingan Publik, jika saja masih dipersulit dalam hal tersebut supaya dapat dilaporkan ke Gerakan Jalan Lurus, tegas Riyanta.

Acara sosialisasi kebangsaan ini sangat unik dan langka, acara seperti ini ditingjkat desa desa sudah kelima kalinya dalam setahun anggaran, karena acara sosialisasi biasanya di lakukan di gedung gedung Pemerintah maupun dalam hotel, kali ini dilakukan di tengah tengah penduduk desa yang jauh dari pusat keramain. Apalagi acara sosialisasi kebangsaan ini di suguhi larasati Kesenian ledek atau tayub dengan penari cantik cantik hinga kaum laki laki tak henti hentinya memandang penari penari ledek tersebut. Anggota DPR/MPR RI Riyanta, SH pun juga ikut menari dan menyanyikan lagu kesukaanya dengan judul ojolamis didampingi anggota DPRD Grobogan Eko dan kepala desa Kalangbancar Sutrisno beserta pejabat lainnya. ( Tim Liputan Kampusnesia.com ).

 

* Artikel ini telah dibaca 99 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *