Home > HEADLINE > Mahasiswa STIKOM Semarang Berkunjung ke TVRI Jawa Tengah

Mahasiswa STIKOM Semarang Berkunjung ke TVRI Jawa Tengah

Kampusnesia.com, Kota Semarang Jawa Tengah  – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang kelas Sabtu Minggu semester V, melakukan kunjungan ke stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) Jawa Tengah yang beralamat di Jalan Pucang Gading, Batursari Mranggen, Demak pada Kamis (22/12). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pembelajaran mata kuliah Jurnalistik Televisi yang diampu dosen Laili Zulfa, S.Sos. M.Si. Disela-sela kunjungannya Laili mengatakan, kegiatan kunjungan langsung ke TVRI ini diharapkan bisa memberi gambaran kepada mahasiswa, bagaimana televisi memproduksi sebuah program acara dan berita. “Setalah awal semester V belajar teori tentang jurnalistik televis dan koran, kita sengaja agendakan visit langsung ke TV, biar temen-temen tahu persis proses-proses produksi di televisi. Next kita juga akan agendakan ke kantor redaksi surat kabar,” ucap Laili.
Dalam kunjungan tersebut, rombongan dari STIKOM diterima baik oleh tim TVRI, rombongan diberi kesempatan masuk ke beberapa ruangan, mulai dari studio 1 yakni studio yang paling besar, yang mampu menampung kapasitas besar. Ruangan ini biasanya digunakan untuk memproduksi program acara seperti wayang kulit, konser mini, dialog dengan tema besar, dan program-program lain yang membutuhkan setting maksimal dengan peralatan kamera dan lighting lengkap. Dipandu oleh Nia Sukma, mahasiswa STIKOM bisa berinteraksi menanyakan hal-hal yang ingin diketahui, sebagai bahan penulisan laporan.
Dari studio 1, rombongan mahasiswa STIKOM menuju ke ruangan berita. Diruangan ini khusus digunakan untuk memproduksi berita, seperti Jawa Tengah Hari Ini, Kabar Panginyongan, Sugeng Enjang Sedulur, dan masih banyak lagi.
Di News Room, mahasiswa Stikom dijelaskan mengenai beberapa program unggulan TVRI oleh rekan Nia, yaitu Anisa. Anisa selaku Produser program acara menambahkan jika program acara di TVRI Jawa Tengah tidak lepas dari budaya Jawa, karena TVRI Jawa Tengah memiliki misi untuk melestarikan budaya Jawa agar tetap utuh dan masih dikenal oleh melineal. Fauzan, seorang reporter sekaligus kameramen TVRI juga mengisi diskusi tanya jawab dengan berbagi pengalaman saat live report.
Selanjutnya mahasiswa Stikom Semarang kembali berkeliling melihat ruangan editing setelah dilakukan pengambilan visual audio di News Room.
Tak lupa diakhir kunjungan, Laili memberikan kenang-kenangan berupa plakat sebagai ucapan terima kasih.

Laporan Wartawan: Niken, Tabita, Aufa, dan Indah

Editor : H_Edy Rahmad

* Artikel ini telah dibaca 135 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *