Home > HEADLINE > Riyanta Menyatu dan Melestarikan Paguyuban Seni Kethoprak Setyo Budoyo Pati

Riyanta Menyatu dan Melestarikan Paguyuban Seni Kethoprak Setyo Budoyo Pati

Kampusnesia.com, Pati Jawa Tengah – Anggota DPR RI yang juga sebagai ketua Umum Gerakan Jalan Lurus ( GJL ) dan Ketua Gerakan Anti Mafia Tanah ( GAMAT RI ) menjadi pelopor nguri nguri dan melestarikan kemajuan seni budaya ketoprak Setiyo Budoyo yang ada di Pati Jawa Tengah. Legislator dari PDI Perjuangan ini memang sejak kecil sudah menekuni dan senang terhadap sejumlah seni, diantaranya seni Karawitan, Langgam Jawa dan Seni Kethoprak. Apalagi seni Ketoprak merupakan sebuah kesenian hiburan rakyat milik warga Pati, perihal ini disampaikan wakil rakyat yang duduk di Kursi Parlemen Pusat Jakarta, pada hari senin 06/02/23 di kantor hukum Budi Utomo Pati Jawa Tengah oleh pelaku seni yang tergabung dalam paguyuban seni kethoprak Pati.

Menurut Sutiyo, SH Ketua Paguyuban Seni Kthoprak Setyo Budoyo Pati yang juga sebagai mantan anggota POLRI ini sengaja mendatangi kantor wakil rakyat yang ada di JL. Ahmad Yani Nomer 38 Pati, Para pelaku seniman ketoprak Pati yang tergabung dalam Paguyuban Seni Ketoprak Setyo Budoyo Pati ini sengaja mendatangi sekaligus bersilaturahmi untuk meminta supaya Riyanta selaku Anggota DPR RI asal Jawa Tengah III ( Kabupaten Pati, Rembang, Blora dan Grobogan ) agar menjadi pembina paguyuban seni Kethoprak yang ada di Pati, sayang jika seni kethoprak yang ada di Bumi Mina Tani penghasil Kacang terbesar diasia tenggara tersebut akan luntur dimakan zaman. Mudah mudahan masuknya Pak Riyanta selaku wakil rakyat yang ada di DPR Pusat dapat ikut serta melestarikan seni kethoprak.

Cepat atau lambat jika seni kethoprak tidak dilestarikan maka, akan terancam punah dimakan perkembangan zaman serba digital ini, Insya Allah bersatunya para pelaku seniman kethoprak Pati yang tergabung dalam seni Kethoprak Setyo Budoyo, seni kethoprak yang ada di Pati akan tetap exis dan lestari hingga anak cucu nanti kata Sutiyo.

Dihadapan para pelaku seni kethoprak Pati Riyanta merespon baik atas kehadiran para pelaku seni tersebut, Riyanta mengajak para pelaku seni menjadi benteng utama NKRI bersama komponen masyarakat nasionalis lainnya, Sehingga seni kethoprak akan dikenal hingga pelososk Nusantara bahkan tingkat dunia, Tegas Riyanta ( Laporan Wartawan : Edy Rahmad89 ).

* Artikel ini telah dibaca 238 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *