Home > HEADLINE > Masih Suasana Lebaran Anggota MPR RI Riyanta Gelar Acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Masih Suasana Lebaran Anggota MPR RI Riyanta Gelar Acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Kampusnesia.com, Pati Jawa Tengah – Meski masih dalam suasana lebaran, anggota MPR RI Riyanta, SH menggelar acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di desa Sarirejo Kecamatan Pati Kabupaten Pati Jawa Tengah pada hari Sabtu, 29 April 2023. Acara ini di pusatkan di Pendopo Situs Genuk Kemiri Pati.

Acara sosiaalisasi ini berbeda dengan acara sosialisasi yang diadakan sebelumnya, kali ini yang menjadi target peserta berasal dari kaum milineal. Kaum milineal dianggap sangat penting karena mereka akan memasuki rumah tangga bahkan akan menjadi orang dewasa, sehingga kaum milineal ini perlu mendapatkan Pendidikan empat pilar, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Semula undangan peserta hanya sekitar 150 orang, namun ditengah tengah acara peserta menjadi lebih dari 150 orang, lantaran semangat pemuda di desa tersebut sangat antusias untuk mengikuti Pendidikan empat pilar yang diselenggarakan oleh MPR RI Bersama anggota DPR RI Riyanta.  Panitia yang menangani hal tersebut menjadi kerepotan, namun hal itu dapat disiasati dengan pola komunikasi yang baik.

Dalam penyampaian materi acara sosialisasi empat pilar tersebut Riyanta menyampaikan bahwa Empat Pilar itu merupakan tiang negara untuk memperkuat persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara. Jika nilai nilai kebangsaan ditanamkan sejak dini, Insya Allah ketahanan negara akan semakin kuat dan bermartabat di mata International.

Selain itu Riyanta mengatakan bahwa sosialisasi tersebut adalah kewajibannya selaku anggota MPR RI. Sosialisasi ini adalah kewajiban kita sebagai anggota MPR RI untuk melakukannya. Hal ini bertujuan supaya masyarakat paham tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, ” ujarnya.

Atas diselenggarakannya acara sosialisasi Empat Pilar tersebut, Kepala Desa Sarirejo Kecamatan Pati, Kabupaten Pati Wiku Haryanto menyambut baik atas diselenggarakannya Pendidikan pembentukan karakter terutama bagi warganya yang masih muda muda, sehingga generasi muda yang akan datang sudaah tertanamkan nilai nilai kebangsaan. Mengetaahui dan memahami tentang arti dan makna Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 45 dan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika Terutama untuk warga pesanten Genuk Kemiri desa Sarirejo Kecamatan Pati Kabupaten Pati, menurutnya berdasarkan data yang ada diwilayahnya terdapat dua RW dan 25 RT, rata rata penduduk bermatapencaharian sebagai pedagang, buruh Pabrik dan pekerja serabutan dan Sebagian sebagai PNS, dari berbagaimacam homogen dan latar belakang dapat memicu kesenjangan social, agar tidak timbul kesenjangan social, maka pihak pemerintah desa dapat membangun karakter warganya dengan cara menanamkan nilai nilai Pancasila dan empat pilar sejak dini, kebetulan Anggota MPR RI Riyanta menyelenggarakan sosialisasi empat pilar di wilayahnya dengan baik dan penuk hikmat.

Acara sosialisasi diakhiri dengan menyanyikan lagu bagimu negeri dan berfoto Bersama. ( Laporan Wartawan Listina75 ).

Reporter : Listina75

Editor     : Edy Rahmad

* Artikel ini telah dibaca 50 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *