Home > HEADLINE > Anggota DPR RI Komisi II Riyanta” Sing Penting Lakune Dudu Pidatone”.

Anggota DPR RI Komisi II Riyanta” Sing Penting Lakune Dudu Pidatone”.

Kampusnesia.com, Brati Grobogan Jawa Tengah – Itulah sepenggal kalimat yang dilontarkan oleh Legislator PDI Perjuangan Riyanta Salah satu anggota DPR RI Komisi II saat memberikan materi sosialisasi tentang pendidikan Pemilih Pemilu serentak Tahun 2024 di Desa Kronggen Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan, Selasa 29/8/2023.

Politisi dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah Tiga ini yakni Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora dan Kabupaten Rembang Serta Pati ini dengan jelas menyampaikan bahwa semua tindakan baik secara pribadi maupun kelembagaan itu semua harus dengan dasar, yakni ( Sing penting Lakune dudu Pidatone ) maksutnya Yang terpenting tindakannya bukan Omongan saja, sehingga menjadi seorang pejabat penyelenggara negara maupun wakil rakyat tidak hanya omongan saja melainkan bukti nyata atas kinerjanya. Jika kinerjanya baik, maka kemajuan negara akan terwujud terlebih kehidupan berbangsa dan bernegara di tingkat desa.

Sebentar lagi negara akan punya mantu atau gawe, yakni pelaksanaan pesta Demokrasi atau pemilu. Pesta rakyat dengan memilih Caleq Tingkat Pusat DPR RI, Tingkat Propinsi DPRD dan Tingkat Kabupaten Kota DPRD serta Pemilihan DPD. Pemilu kali ini juga dibarengi dengan pemilihan Presiden dan wakil presiden. Sehingga pesta demokrasi ini benar benar milik rakyat dan diselenggarakan oleh KPU RI.

Dihadapan Ratusan Peserta Acara sosialisasi Riyanta juga merinci terkait pelaksanaan Pemilu, Pemilu akan dilaksanakan secara serentak di Seluruh Indonesia pada Hari Rabu Legi, Tanggal 14 Februari 2024. Menurutnya pada Tanggal 14 Desember 2022 yang lalu, KPU RI telah menggelar rapat pleno rekapitulasi Nasional hasil verifikasi dan penentuan Partai Politik calon peserta pemilu 2024.

Pada saat itu pula KPU Menetapkan terdapat 17 Partai Politik Nasional dan 6 Partai Politik Lokal Aceh menjadi peserta Pemilu 2024. Hal tersebut tertuang dalam keputusan KPU RI Nomor 518 Tahun 2022.

Dengan demikian Pemilu di Indonesia memiliki peran penting dalam mempersatukan masyarakat yang beragam. Namun penting untuk diingat bahwa pemilu hanya satu aspek dari upaya pemersatu bangsa; Pendidikan, dialoq antar budaya dan penegakan hukum. Pemilu juga berperan dalam menciptakan harmoni dalam Masyarakat Luas. Tegas Riyanta.

Dalam Kesempatan tersebut, Riyanta juga menyampaikan Misi dan Visi sebagai calon anggota DPR RI Pada pemilu 2024 mendatang. Salahsatu Misi dan Visinya adalah jiwa dan raganya semua untuk Rakyat, terutama didaerah Pemilihannya, yakni Kabupaten Grobogan Blora dan Pati Serta Kabupaten Rembang.

Hal Senada juga disampaikan oleh Pengamat komunikasi dan Ilmu Politik Kampus STIKOM Semarang Hedy Rahmad, S.IKOM, MH, bahwa Pemilu adalah suatu proses demokrasi yang memungkinkan Warga negara suatu negara untuk memilih wakil wakil mereka dalam pemerintahan. Di Banyak negara pemilu dianggap sebagai alat penting untuk mempersatukan beragam kelompok masyarakat dan memelihar stabilitas negara. Di Indonesia Konsep Pemilu Sebagai Alat Pemersatu Bangsa, memiliki Sejarah, maksut dan tujuan.

Di Indonesia pemilu memiliki sejarah dari masa kemasa, Mulai dari era Kolonial, Masa Kemerdekaan awal, Era Otoriter dan Reformasi.

Pemilu kali ini memasuki masa Era Reformasi, yang memiliki keterbukaan yang bersifat jujur dan adil. Tidak ada tekanan dari pihak pemerintah maupun penguasa.

Tujuan Pemilu sebagai alat pemersatu bangsa  yakni, Pengakuan Pluralitas, Dialoq Politik Damai, Pemilihan Pemimpin dan Pengembangan kesadaran Politik serta Penguatan Identitas Nasional Menuju Negara yang kuat adil dan makmur, Tegas Edy.

 

* Artikel ini telah dibaca 21 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *