Home > KABAR KAMPUS > EDUKASI KAMPUS > Mahasiswa FIB UNDIP Juara Lomba Kebahasajepangan

Mahasiswa FIB UNDIP Juara Lomba Kebahasajepangan

                                  Rifqi Prasetya, Audri Tsabitah dan Salsabila Qutrunada

SEMARANG[Kampusnesia] – Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Diponegoro (Undip) Budi Mulyadi SPd MHum mengatakan pihaknya terus mengejar target Indikator Kinerja Utama dalam bidang prestasi mahasiswa baik tingkat nasional maupun internasional.

Menurutnya, untuk mengejar target itu, Prodi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang Fakultas Ilmu Budaya FIB Undip telah melakukan berbagai macam usaha. Salah satunya dengan mengirim delegasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai macam lomba kebahasajepangan yang diselenggarakan oleh lembaga atau universitas lain yang ada di Indonesia dan luar negeri.

Banyak prestasi yang dihasilkan dari lomba-lomba tersebut, di antaranya adalah yang diikuti mahasiswanya baru-baru ini pada Mei 2021 lalu.

“Pada Mei 2021 lalu, kami telah mengirimkan beberapa mahasiswa untuk mengikuti lomba kebahasajepangan yang diselenggarakan oleh Universitas Riau, dan hasilnya sangat membanggakan, dengan menyabet juara 1 untuk tiga kategori,” ujarnya.

Dia menambahkan beberapa lomba yang diikuti di antaranya lomba kanji, lomba pidato Bahasa Jepang, lomba seiyuu atau dubbing animasi, lomba menyanyi Bahasa Jepang dan lomba kaligrafi Bahasa Jepang.

Di antara lima lomba di atas tersebut, tutur Budi Mulyadi, tiga di antaranya dimenangkan oleh mahasiswa Prodi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang FIB UNDIP yaitu juara 1 lomba kanji yang dimenangkan oleh Rifqi Prasetya (angkatan 2018). Kemudian Juara 1 lomba pidato Bahasa Jepang dimenangkan oleh Audri Tsabitah (angkatan 2020) dan Juara 1 lomba dubbing animasi dimenangkan oleh Salsabila Qutrunada (angkatan 2020).

“Prestasi ketiga orang mahasiswa itu menjadi kebanggaan bagi Prodi S1 Bahasa Jepang, FIB Undip dan memberi semangat kepada mahasiswa yang lainnya untuk memperoleh prestasi yang sama di berbagai macam lomba baik tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.

Dia menuturkan pihaknya terus mendukung, mensuport dan mendampingi mahasiswanya untuk terus berkarya, di antaranya dengan mengikuti sejumlah lomba-lomba. “Kami mengucapkan selamat kepada ketiga mahasiswa yang mengharumkan nama baik Undip,” ujarnya.

Seperti diketahui, bahwa Indikator Kinerja Utama yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret.

Kebijakan tersebut juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 61 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *